Rabu, 15 Oktober 2014

Inilah Cara Diet Yang Alami Agar Tidak Kegemukan

Agar program diet berjalan dengan baik tanpa menimbulkan resiko kesehatan tubuh, anda perlu memperhatikan pola hidup sehat sehari-hari. Karena jika tidak, resiko berat badan bertambah justru bisa dialami tanpa anda sadari. Hal tersebut bisa terjadi baik pada diet dengan cara alami atau pun memakai metode modern. Jadi, pastikan anda memperhatikan betul 20 tips mudah dan sederhana berikut ini supaya usaha menurunkan berat badan yang anda jalankan tidak berakhir dengan sia-sia.

tips diet yang alami

Image courtesy of patrisyu / FreeDigitalPhotos.net


Pentingnya mengatur pola hidup serta pola makan sehat pada saat menjalankan diet yang alami merupakan suatu keharusan atau kewajiban bagi anda yang menginginkan keberhasilan. Jangan sampai menyesal di kemudian hari karena berat badan ideal yang anda dambakan tidak diperoleh meskipun beragam resep tradisional sudah dijalankan.


Tips Diet Alami Agar Tubuh Langsing Dengan Cepat

  1. Cobalah untuk menyantap makanan dengan pelan-pelan, jangan terburu-buru agar makanan hancur secara sempurna sehingga nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan tubuh bisa diserap optimal.
  2. Rutin mengkonsumsi air putih minimal 8 gelas dalam sehari. Jangan makan malam apabila anda kurang minum di siang dan sore hari.
  3. Biasakan meminum air putih 2 - 4 gelas setelah bangun tidur sebelum sarapan atau mandi pagi.
  4. Pilih satu tempat dalam rumah khusus untuk menyantap makanan. Jangan berpindah-pindah tempat dan makan lah sampai habis.
  5. Cara diet yang alami perlu memperhatikan variasi jumlah kalori setiap harinya. Tujuannya supaya tubuh tidak menjadi terbiasa dengan jumlah kalori tertentu.
  6. Lakukan olah raga ringan misalnya jalan kaki tiga kali seminggu selama 30 menit, lalu tambah intensitasnya secara bertahap.
  7. berjalan kaki
  8. Selalu sediakan buah-buahan serta sayuran yang baik untuk diet seperti apel, tomat, wortel, pir, pepaya, buah bit, alpukat, pisang, mangga, dan nanas.
  9. Niat saja tidak cukup untuk menuju berat badan ideal, diperlukan disiplin yang tidak setengah-setengah. Oleh karena itulah, anda bisa membuat catatan daftar makanan maupun minuman yang bisa menggagalkan diet seperti minuman bersoda, es krim, dan kue manis.
  10. Selain buah dan sayur mentah, anda bisa mengolah bahan makanan tersebut menjadi sup atau sayur kuah bening. Selain rasanya enak dan segar, kedua olahan makanan tersebut juga baik untuk menunjang program diet sehat secara alami.
  11. Apabila anda terpaksa makan di restoran, tentukan apa yang akan dimakan nanti. Jangan merubah menu saat tiba di lokasi tempat makan.
  12. Menyusun jadwal makan serta ngemil dalam satu hari akan membantu mengontrol asupan karbohidrat harian.
  13. Pandai-pandailah memilih makanan, hindari membeli makanan atau cemilan dengan persentase lemak dan karbohidrat tinggi karena kaya zat gula. Bila jumlah karbohidrat dan lemak lebih tinggi dibanding kalori keseluruhan maka akan membuat badan semakin gemuk.
  14. Biasakan meletakkan makanan di dapur dan ruang makan, bukan di tempat lain. Tujuannya untuk mencegah keinginan makan.
  15. Tips agar program diet sehat tidak terganggu saat akan makan di cafe, restoran atau datang ke pesta : makanlah buah dan sayur serta perbanyak minum air putih sebelum pergi ke tempat tersebut.
  16. makanan tinggi lemak

    Image courtesy of stockimages / FreeDigitalPhotos.net

  17. Makanlah secara teratur. Jangan melewatkan satu waktu makan karena jika terlewat, tubuh akan memperlambat metabolisme. Akibatnya cenderung menyimpan lemak.
  18. Apapun jenis makanannya, semakin banyak dikonsumsi semakin tinggi pula kalorinya dan tetap harus di bakar.
  19. Segera singkirkan makanan sisa dan buang semua lemak pada daging, buang kulit ayam, jangan makan jeroan.
  20. Hindari berbelanja saat sedang lapar karena bisa memicu membeli jajanan. Pastikan membuat daftar barang yang akan dibeli sebelum berangkat.
  21. Jangan hanya menimbang berat badan. Ukur juga lingkar perut, lingkar paha, dan lingkar lengan untuk mengetahui kemajuan program diet anda.
  22. Latihan teratur seperti fitnes akan membentuk otot serta membakar lemak. Bisa jadi berat badan tidak berkurang karena massa otot bertambah dan lemak menghilang.

Menjalankan pola hidup sehat diiringi pola makan seimbang adalah syarat utama tercapainya berat tubuh ideal. Akan menjadi percuma bila anda membeli obat untuk diet atau mengkonsumsi suplemen fitnes khusus yang harganya mahal apabila tidak memperhatikan daftar tip di atas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar